Ditjen PAUD-DIKMAS

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini
dan Pendidikan Masyarakat

FLI digelar sebagai rangkaian Hari Aksara Internasional

FLI digelar sebagai rangkaian Hari Aksara Internasional
Direktur Jenderal PAUD dan Dikmas Harris Iskadar

08 September 2018 13:41:40

Deli Serdang, PAUD dan Dikmas - Literasi sebagai poros pendidikan mutlak didorong karena tingkat literasi suatu bangsa berkorelasi positif dengan kualitas hidup dan kemajuan suatu bangsa. Pendidikan menjadi prioritas utama dalam membangun dan menguatkan mutu sumber daya manusia dan literasi menjadi kunci dalam meningkatkan kualitas hidup yang harus diperkenalkan mulai sejak dini, dimulai dari unit sosial terkecil yaitu keluarga, sekolah dan masyarakat.

“Gerakan literasi haruslah dimulai dari ruang lingkup yang paling dasar yakni keluarga dan juga secara bersamaan dilakukan di dalam institusi yang lebih besar yakni sekolah, satuan literasi,pendidikan nonformal dan masyarakat,” papar Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (Dirjen PAUD dan Dikmas), Kemendikbud, Harris Iskandar saat membuka Festival Literasi Indonesia dan Pameran HAI 2018 di Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara, Kamis (6/9).

Menurut Harris, Festival literasi Indonesia (FLI) digagas dan diselenggarakan sebagai bentuk apresiasi kepada TBM dan komunitas penggiat literasi di nusantara yang telah berperan aktif dan memberikan kontribusi nyata untuk perbaikan di masyarakat di tengah gempuran tantangan yang tak kalah hebat.

“FLI menjadi ajang pertemuan dan perayaan komunitas literasi dan pemangku kebijakan untuk memperkuat tali kekerabatan dan silaturahim serta melahirkan gagasan bersama untuk program ke depan untuk menguatkan gerakan literasi masyarakat,” papar Harris.

FLI digelar sebagai rangkaian Hari Aksara Internasional yang digelar di Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara dari tanggal 6 hingga 9 September. Dengan rangkaian acara Pameran Pendidikan dan Kebudayaan, simposium pendidikan kesetaraan, temu evaluasi program keaksaraan dan kesetaraan, workshop pengembangan pendidikan keaksaraan pada komunitas adat hingga pemberian anugerah aksara

“Saya ucapkan selamat dan sukses kepada seluruh peserta FLI dan peserta pameran 2018”, semoga kegiatan ini semakinmemotivasi dan memacu para pegiat literasi dan insan pendidikan nonformal dalam melaksanakan program PAUD dan Dikmas di masa mendatang,” pungkas Harris.(**)

Semua Berita