Ditjen PAUD-DIKMAS

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini
dan Pendidikan Masyarakat

Mendikbud: Kursus dan pelatihan dapat menjadi pioner dalam menciptkan peluang kerja

Mendikbud: Kursus dan pelatihan dapat menjadi pioner dalam menciptkan peluang kerja
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan disampingi Sesjen Kemendikbud, dan Dirjen PAUD dan Dikmas pada saat membuka kegiatan Gelar Karya Kursus, dan Job Fair di Jogjakarta

11 Agustus 2018 16:23:46

Yogyakarta, PAUD dan Dikmas - Pendidikan nonformal, khususnya kursus dan pelatihan, memiliki tiga peran terhadap pendidikan formal, yaitu mengejar, mengiringi, dan mendahului. Peran mengejar adalah ketika ada peserta didik memiliki keterbatasan untuk memperoleh pendidikan formal sehingga diharapkan pendidikan melalui kursus dan pelatihan dapat mengejar ketertinggalan tersebut. Peran mengiringi adalah ketika ketercapaian kompetensi di pendidikan nonformal dan formal dapat setara.

“Peran ketiga yaitu mendahului adalah peran yang saya harapkan terus terjadi. Kursus dan pelatihan dapat menjadi pioneer dan menciptakan peluang yang lebih baik dibandingkan pendidikan formal”, ungkap Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy saat membuka Gelar Karya Kursus dan Pelatihan, Job Fair, dan Pameran Pendidikan di Gedung Yogya Expo Center, Sabtu (11/8).

Muhadjir memaparkan bahwa kelebihan kursus yaitu fleksibel dalam hal waktu, tempat, dan kurikulum menjadi kelebihan yang membedakannya dengan pendidikan formal.

“Pendidikan dalam bentuk kursus dan pelatihan telah membantu ribuan hingga jutaan orang yang tidak tahu menjadi paham, tidak mampu bekerja menjadi mahir berkarya, dan tidak berpenghasilan menjadi berkecukupan”, ujar Mendikbud.

Pada kesempatan itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy didampingi Sekretaris Jenderal Kemendikbud Didik Suhardi, bersama Dirjen PAUD dan Dikmas Harris Iskandar menyerahkan piagam dan piala penghargaan kepada lembaga kursus dan pelatihan yang berprestasi dan telah berperan dalam peningkatan kemandirian masyarakat.(*)

Semua Berita